Manfaat Masker Putih Telur Untuk Wajah

Telur adalah salah satu bahan yang sangat kita kenal dan juga banyak manfaatnya bagi tubuh kita. Kuning telur banyak digunakan oleh pria sebagai penambah stamina, dan putih telur pun banyak digunakan dan dimanfaatkan oleh para wanita sebagai masker. Dianjurkan untuk menggunakan telur ayam kampung dari pada telur ayam potong. Karena telur ayam kampung mengandung gizi yang lebih tinggi dan lebih sehat dibandingkan ayam potong. Untuk lebih lanjut mari kita bahas mengenai manfaat masker putih telur untuk wajah.


Cara Membuat Masker Putih Telur dan Manfaatnya

Kaitannya dengan telur yang digunakan sebagai masker wajah, anda dapat menggabungkannya dengan bahan alami lainnya. Namun yang perlu diperhatikan, dalam menggunakan masker telur juga harus disesuaikan dengan wajah anda. Baik wajah berminyak, kering, normal maupun yang berjerawat tentu beda perawatannya. Berikut adalah tips-tips menggunakan masker telur sesuai wajah anda:

Kulit wajah normal

Jika kulit wajah anda termasuk kulit wajah yang normal, tidak berminyak atau tidak kering serta bersih dari jerawat, masker telur yang cocok untuk anda adalah masker putih telur dengan ditambahkan madu. Perawatan pada wajah normal sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya cukup menambahkan putih telur dengan bahan lain yang bersifat mencerahkan, melembutkan dan menyegarkan. Madu memiliki kandung antioksidan yang tinggi sehingga jika anda mencampurkannya dengan putih telur akan membuat wajah anda semakin bersinar dan lembut.

Cara pembuatannya pun sangat mudah. Anda cukup mencampurkan putih telur dengan madu, lalu mengoleskannya ada wajah anda secara merata dan biarkan beberapa saat, lalu bilas dengan air bersih.

Kulit wajah kering

Pada dasarnya kulit wajah yang kering disebabkan karena kurangnya kadar minyak dalam kulit. Biasanya kulit kering ditandai dengan permukaan yang kasar saat dipegang dan seringkali terasa gatal dan terlihat kusam. Masker telur yang cocok untuk wajah dengan jenis kulit seperti ini adalah masker putih telur yang dicampur dengan alpukat. Alpukat mengandung minyak esensial, antioksidan dan asam amino yang dapat membantu melembabkan kulit.

Cara membuatnya yaitu dengan mengambil daging buah alpukat yang sudah matang secukupnya. Kemudian dicampurkan dengan putih telur. Kocok dengan rata hingga alpukat hancur dan menyatu dengan putih telur. Selanjutnya gunakan sebagai masker seperti biasa.

Kulit wajah berminyak

Memiliki kulit wajah yang berminyak memang seringkali membuat tidak nyaman. Wajah jadi terlihat selalu kusam dan tidak segar. Wajah berminyak biasanya memiliki kelebihan minyak di area-area tertentu seperti dagu, hidung, dahi, dan di bawah tulang pipi. Jika anda salah satu yang memiliki wajah berminyak, sangat disarankan menggunakan masker putih telur yang dikombinasikan dengan bahan lain yang mengandung magnesium, vitamin C dan serum seperti lemon.

Campurkan putih telur dan air perasan lemon, aduk hingga merata lalu oleskan di wajah anda. Diamkan selama beberapa menit kemudian dibilas. Sebagai tambahan jika wajah anda berjerawat anda dapat mengombinasikan putih telur dan mentimun sebagai masker wajah. Demikian beberapa tips yang mungkin dapat anda coba di rumah agar anda tampil lebih cantik.

Masker Putih Telur dan Jeruk Nipis

Kombinasi dari masker putih telur dan jeruk nipis ini banyak sekali manfaatnya untuk wajah. Selain dapat menghilangkan jerawat dan komedo, ramuan ini juga sangat baik dalam mencerahkan serta memutihkan kulit wajah, menghilangkan noda hitam sekaligus sebagai toner (pelembab) alami untuk kulit wajah anda.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Bahan-bahan yang harus disediakan adalah mangkuk kecil, satu buah telur ayam kampung (ambil bagian putihnya saja), dan satu buah jeruk nipis (belah, kemudian peras airnya). Pertama-tama, kocok putih telur hingga berbusa. Tambahkan air perasan jeruk nipis kemudian aduk lagi hingga merata. Oleskan ramuan tersebut pada wajah secara merata (hindari area mata, lubang hidung dan mulut) dan biarkan beberapa menit hingga masker mengering dengan sendirinya. Bersihkan wajah dan bilas dengan air. Lakukan perawatan ini secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

Oke, itu dia beberapa manfaat dari masker putih telur sekaligus bagaimana cara membuatnya yang mudah. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah di sela-sela waktu istirahat kalian. Semoga bermanfaat. Terimakasih.